Pataka WebLOG

Pataka Official Site

Archive for the 'Art and Culture' Category

Articles related to Art and Culture

Eksotisme Ritual Jaman Kerajaan di Indonesia

Posted by pataka on 14th September 2006

Menurut saya ada yang terlewat dan ini terlalu penting untuk tidak disinggung. Yaitu, kebudayaan yang dibawa agama Hindu dan Budha jauh sejak sebelum abad ke 7 hingga akhir abad 14 sangat mendominasi karakter suku bangsa melayu di nusantara.

Pada abad ke 7 ada Sriwijaya yang menganut agama Hindu-Budha terbesar di dunia dan belum pernah ada tandingannya. Kemudian di Jawa ada Mataram Hindu dan dinasti Syailendra yang menganut agama Budha dengan peninggalan candi Borobudur pada abad ke 9.

Read the rest of this entry »

Posted in Art and Culture | No Comments »

PlayBoy

Posted by pataka on 21st April 2006

Kontroversi penerbitan dan peredaran Majalah Play Boy Indonesia menjadi tontonan yang mendominasi ruang media belakangan ini. Seolah berlomba menyingkirkan berbagai masalah yang sebenarnya jauh lebih penting dan mendasar, seperti kemiskinan, semakin mahalnya pendidikan, penyakit yang menewaskan puluhan orang dalam sekali tepuk, kelangkaan BBM dan bahan pokok yang harganya juga terus melambung tak terjangkau lagi serta para koruptor yang masih bebas berkeliaran. Segala kesulitan hidup mendadak lenyap dari panggung pemberitaan, kini berganti didominasi dengan semangat yang gegap gempita melawan simbol pornografi yaitu Majalah Play Boy edisi Bahasa Indonesia.

Read the rest of this entry »

Posted in Art and Culture | No Comments »

Sajak Sepotong Pantat

Posted by pataka on 31st May 2005

pantatku padat biasa tak istimewa
kulit berjeruk kringat tak langsat
agak seksi agak menggoda agak rata
konon kata mira bencong taman kota

pantatku hanya punya sopan
karenanya dia gak doyan jilat
tidak betah di kursi empuk
hanya kenal emperan berdebu
sungkan dilapisi sutra beludru
anti sodokan dari belakang

meski biasa pantatku tetap menggoda
terima kasih wahai pantat yang setia
kau senada dengan juragan kere-mu
meski ku berharap putus urat mlarat
tapi pantat tak mau hina cara durjana

jangan lupa pantat, cermin hati kita

jakarta, bidakara – akhir mei 2005

Posted in Art and Culture | No Comments »

Tuhan Tidak Hadir di Aceh

Posted by pataka on 9th January 2005

tuhan tidak hadir di aceh

tapi aroma kebesaran tertebar di tiap sudut
saat berdiri di puing sekitar masjid yang utuh
ketika terpekur mengenali wajah jajaran jenazah
atau menyaksikan setengah pertemuan kaum kerabat

kadang dalam air mata, selebihnya doa
mereka hanya sedang mati dalam kemuliaan

pencari tuhan tak kan temukan dia di aceh
tapi kau dipaksa percaya kuasanya nyata

yang kau temukan di aceh hanya cinta

aceh, 9 januari 2005

Posted in Art and Culture | No Comments »

Jawaban Untuk Tiga Bidadari

Posted by pataka on 23rd December 2004

kesedihan tidak berlalu
cinta patah dan berhenti
hanya bayang-bayang

bahagia dengan tikaman?
untuk jawaban fatamorgana?

nanti tiga bidadari berjalan sendiri
saat waktu berkabut tersibak angin
menyebar bau bunga bangkai

aku menjawab dengan renungan
dan penghuni yang tertinggal
adalah atas nama kepedihan
tiga bidadari akan tersedu

kemana kau mencari tambatan?
ketika cinta tulus meratap di tepian
tersingkir kabut semu menjelma
kau tak bersahabat dengan ketulusan

lantas, tiga bidadari pergi menjauh
lepas dari rengkuhan dan belaian
aku termangu dalam tangisnya

mungkin, bagi mereka cinta adalah tipuan
seperti yang aku sesali di kemudian hari
amarah dendamnya terasa menyala

mahligai ini telah kandas
karam di palung kehinaan

kau, tidak punya jawaban
aku, tetap menggenggam kayuh
kau, kembali meraih belati

harapan hilang dalam pekat kabut

(di kejauhan tiga bidadari mencoba berdamai dengan doa)

kuta, 23 desember 2004

Posted in Art and Culture | 1 Comment »

Tenaga Dalam (Bagian 7/7 – Habis)

Posted by pataka on 17th March 2004

Terima kasih saya ucapkan untuk Bapak AREMA atas balasan emailnya yang cukup panjang lebar tapi justru membuat saya jadi lebih paham lagi tentang seluk beluk tenaga dalam.

Dengan menyesal saya mohon maaf kembali atas tanggapan yang juga sangat panjang ini. Mudah-mudahan menjadi semakin jelas dan bermanfaat untuk anda.

Read the rest of this entry »

Posted in Art and Culture | 1 Comment »

Tenaga Dalam (Bagian 6/7)

Posted by pataka on 16th March 2004

Saya ikut ilmu pernafasan Satria Nusantara sudah satu tahun dan kalau tingkatan di SN saya sudah P5 tapi terus terang saja sampai sekarang ini untuk kepekaan boleh dibilang belum ada, yah kalo cuma telapak tangan di renggangin atau di tepukkan tanpa beradu sih terasa anget atau kadang kesemutan, nah untuk pembuktian saya sudah sampai seberapa besar tenaganya gimana caranya ?

Read the rest of this entry »

Posted in Art and Culture | 1 Comment »

Tenaga Dalam (Bagian 5/7)

Posted by pataka on 15th March 2004

Sebagaimana saya jelaskan di atas, ternyata kekuatan gaib juga ada dalam diri manusia. Sebetulnya nggak gaib dan samasekali nggak ada yang klenik cuman sains belum mampu mengungkapkannya dengan gamblang. Tapi begitu anda mampu merasakannya sendiri baru semuanya menjadi jelas. Pada pokoknya perbedaan praktek klenik / sihir dan ilmu pernafasan cuman satu : Seni Olah Raga Pernafasan nggak pake jampi, mantera, perilaku aneh (puasa, selamatan, tulisan asma dsb.) kecuali anda mau memantapkan ibadah dan pendekatan diri kepada Allah itu mah sah-sah aja.

Read the rest of this entry »

Posted in Art and Culture | No Comments »

Tenaga Dalam (Bagian 4/7)

Posted by pataka on 14th March 2004

B – Pengasihan, kewibawaan.

Mirip dengan PELET atau SUSUK dll, yang kalau tidak kuat IMAN-nya akan mengarah ke Musyrik. Karena pada dasarnya menggunakan Kekuatan Ghaib, sedangkan kekuatan Ghaib itu ada 2 macam, yaitu : kekuatan dari sang Khalik dan Kekuatan dari Mahluk Jin.

Kekuatan gaib dari Allah hanya diberikan pada para Nabi yang disebut mukjizat. Untuk mendapatkan mukjizat para nabi tidak perlu melakukan sesuatu entah amalan tertentu, semedi, puasa dan semacamnya karena tidak semua mukjizat para Nabi berbentu hal2 gaib yang menakjubkan (menghidupkan orang mati – Nabi Isa as, menguasai sihir – Nabi Sulaiman as, tidak bisa dibakar – Nabi Ibrahim as dsb.).

Read the rest of this entry »

Posted in Art and Culture | No Comments »

Tenaga Dalam (Bagian 3/7)

Posted by pataka on 13th March 2004

begitu difungsikan anda bisa merasakan kekuatan secara khusus antara lain :
A – Bisa menghadirkan gerakan ghaib sadar 100% (gerakan silat, tari, karate juga bisa menghadirkan karomah macan putih dll ).

Jangankan hanya gerakan jurus beladiri-it’s easy, tenaga dalam juga bisa dipakai untuk ‘merekam’ pengetahuan yang kita miliki, bahkan suara dan citra visual. Prinsipnya adalah konversi energi, ingat suara adalah energi, demikian juga citra visual (pantulan, bayangan cahaya – energi cahaya). Kayaknya sulit dipahami karena ‘penterjemahan ilmiahnya’ masih belum mendalam kecuali anda memiliki pengalaman dalam bidang ini.

Read the rest of this entry »

Posted in Art and Culture | No Comments »