Pataka WebLOG

Pataka Official Site

Nawala Project (DNS Filtering Indonesia)

Posted by pataka on December 7th, 2008

Sekilas Nawala Project

Memperkenalkan sebuah proyek komunitas nirlaba yang diberi nama Nawala Project. Tujuan Nawala Project ini adalah membangun sistem DNS Filtering seperti Open DNS (http://www.opendns.org) dengan cita rasa khas Indonesia.

Nawala Project secara spesifik akan memblokir jenis konten negatif yang tidak sesuai dengan peraturan perundangan, nilai dan norma sosial, adat istiadat dan kesusilaan bangsa Indonesia seperti pornografi dan perjudian. Selain itu, Nawala Project juga akan memblokir situs Internet yang mengandung konten berbahaya seperti malware, situs phising (penyesatan) dan sejenisnya.

Perlindungan pengguna, terutama anak-anak menjadi perhatian utama Nawala Project. Dengan adanya layanan ini diharapkan Internet dapat menjadi tempat yang lebih aman dan nyaman agar dapat dimanfaatkan secara optimal oleh masyarakat Indonesia untuk mempercepat kemajuan serta kesejahteraan.

Status Nawala Project

Konseptor, inisiator dan developer Nawala Project adalah Asosiasi Warung Internet Indonesia (AWARI) yang didukung oleh komunitas non WARNET di milis DNS-awari@googlegroups.com dan sejumlah komunitas keamanan Internet. Policy black list ditentukan forum diskusi komunitas secara demokratis diantara para evaluator dengan memperhatikan etika, independensi serta integritas.

Sistem yang digunakan oleh Nawala Project sepenuhnya menggunakan sumber daya open source dan berjalan di atas sistem operasi Linux secara native. Saat ini sedang dibangun portal yang nantinya dapat diakses publik untuk mengenal Nawala Project, mengikuti perkembangan dan berpartisipasi aktif di dalamnya.

Sejumlah kemampuan tambahan seperti local resolver, anti phising site terus dikembangkan dan diperkuat. Terutama dengan meningkatkan upaya untuk menghasilkan kemampuan pengamanan yang lebih baik lagi. Untuk itu Nawala Project aktif mengupayakan kerjasama dengan pihak otoritas pengelolaan data dan sumber daya domain name lokal maupun Internasional.

Pada saat ini, Nawala Project masih dalam versi Beta namun telah memiliki koleksi black list hingga lebih dari 8 (delapan) juta alamat URL/URI yang setiap hari dilakukan update secara manual oleh volunteer dari seluruh Indonesia.

Nawala Project kini telah dimanfaatkan oleh ribuan Warung Internet di seluruh Indonesia, jaringan Internet di 21 Pemda Kota/Kabupaten Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, ISP di daerah, RT/RW Net, kantor Pemerintah dan swasta, sekolah dan atau kampus serta para pengguna perorangan dan keluarga.

Jumlah rata-rata hits (query) mencapai 450 ribu – 600 ribu per hari. Volume pengguna dan hits cenderung terus meningkat dari hari ke hari yang berarti layanan Nawala Project telah digunakan secara luas oleh masyarakat.

Statistik Nawala Project

*) statistik hits tanggal 21 – 27 November 2008 (tanggal 23 maintenance).

Penghematan Nawala Project

Sistem DNS Filtering yang dikembangkan Nawala Project terbukti juga dapat dimanfaatkan untuk mereduksi (menghemat) konsumsi bandwidth hingga 30% akibat konten negatif. Pemborosan sumber daya bandwidth yang mahal dapat dicegah. Konsumsi bandwidth yang tidak tepat guna dan kurang bertanggung jawab akan merugikan bangsa karena harus dibayarkan ke pihak luar dalam mata uang asing sehingga turut menguras cadangan devisa Nasional.

Partisipasi di Nawala Project

Nawala Project mengharapkan partisipasi dan kontribusi komunitas Internet Indonesia untuk menggunakan/menerapkan/memanfaatkan layanan DNS Filtering Nawala Project ini di lingkungan masing-masing untuk melindungi Internet Indonesia dari konten yang bersifat negatif.

Cara menggunakan layanan DNS filtering Nawala Project ini cukup mudah yaitu dengan melakukan perubahan konfigurasi IP DNS komputer (atau server DHCP kantor/kampus/sekolah/rumah/hotspot/warnet/dsb.) ke alamat IP:

- 180.131.144.144 (primary)
- 180.131.145.145 (secondary)

Partisipasi selanjutnya adalah dengan cara menyampaikan usulan kandidat situs black list seandainya menjumpai konten negatif yang belum terblokir.

Panduan konfigurasi alamat IP DNS (PDF file) untuk pengguna:

- Sistem Operasi Windows (XP)
- Sistem Operasi Macintosh OS X (10.5.5)
- Sistem Operasi Linux Fedora Core (9), Ubuntu (8.04), Opensuse (11) dan konfigurasi Modem ADSL.

Pemanfaatan DNS Filtering untuk akses Internet massal seperti di instansi dan perkantoran, kampus, sekolah, RT/RW Net, WARNET dan HotSpot akan efektif apabila admin menerapkan penutupan akses pada main gateway router untuk DNS query resolver (port 53 UDP) yang menuju ke arah selain layanan DNS Nawala Project. Sehingga pengguna akan dipaksa untuk hanya menggunakan layanan DNS query resolver dari Nawala Project.

Penyelenggara akses Internet massal juga dapat memanfaatkan layanan DNS Filtering ini sebagai nilai tambah untuk pengguna. ISP juga dapat memisahkan layanan untuk pengguna rumahan seperti keluarga dan sekolah diberi pilihan akses yang terproteksi. Sedangkan pengguna khusus tertentu seperti kantor perusahaan asing, pengguna ekspatriat dan hotel dapat diberikan akses yang lebih bebas. Layanan DNS Filtering Nawala Project juga dapat dikombinasikan dengan solusi proteksi lain seperti aplikasi di dalam program Internet Sehat.

Dukungan Untuk Nawala Project

Mengingat pertumbuhan situs konten negatif yang makin memprihatinkan maka ke depan akan sangat dibutuhkan partisipasi aktif volunteer evaluator dalam jumlah yang lebih besar untuk meningkatkan dan mempercepat update, pencapaian dan evaluasi koleksi black list.

Tim developer membutuhkan dukungan teknologi, sistem dan expertise untuk terus mengembangkan Nawala Project secara berkelanjutan. Dukungan berupa dana/donasi yang tidak mengikat dari semua pihak sangat diharapkan untuk membiayai pengembangan (development) aplikasi, layanan serta peningkatan kapasitas sistem dan infrastuktur.

Saat ini sistem Nawala Project, development serta infrastrukturnya disediakan oleh ID-SIRTII. Dalam waktu dekat akan dibutuhkan back up redudansi server ke-tiga yang rencananya akan ditempatkan di salah satu ISP/NAP yang akan menyediakan space co-location pada fasilitas Data Center berikut daya listrik dan bandwidth lokal IIX dan OpenIXP serta Internasional secara cuma-cuma.

Server ke-tiga ini sekaligus akan menjadi resolver utama untuk melokalisasi query dan traffic sejumlah layanan dan aplikasi Internet Internasional yang banyak digunakan di Indonesia seperti Yahoo, Google dan Akamai dan domain nasional .id. Sehingga akan dapat mempercepat akses penggunanya sekaligus menghemat bandwith Internasional. Layanan resolver ini sekaligus berfungsi memproteksi pengguna Internet Indonesia dari ancaman phising site dan DNS poisoning/spoofing yang kecenderungannya akan semakin meningkat.

Donasi dan Percepatan Nawala Project

Untuk secepatnya mencapai tahap production, Nawala Project mengharapkan dukungan donasi tidak mengikat dari komunitas yang nanti akan digunakan untuk membeli server ke-tiga. Pembelian server diperkirakan membutuhkan anggaran sekitar 40 (empat puluh) juta rupiah. Pada saat ini modal awal yang telah dihimpun Nawala Project baru mencapai 5 (lima) juta rupiah.

Solusi selain dengan cara membeli adalah menggunakan server dengan status pinjaman jangka panjang yang tidak mengikat kepada Nawala Project.

Alamat Kontak Nawala Project

Yayasan NAWALA (http://www.nawala.org)
Pengurus AWARI (http://www.awari.or.id)

- Irwin Day (Ketua) – tayuang (at) gmail.com
- Bill Fridini (Tim Teknis) – bill (at) fridini.com
- Yamin Elrust (Manajemen) – yamin.elrust (at) gmail.com

Subscribe Mailing List DNS-awari-subscribe@googlegroups.com

© 2008, Nawala Project

Popularity: 61% [?]

48 Responses to “Nawala Project (DNS Filtering Indonesia)”

  1. dudi Mozilla Firefox 3.0.4 Fedora Linux
    Says on Mozilla Firefox 3.0.4 Fedora Linux

    menurutku lebih mudah kalo awari bisa kerjasama dengan NAP dan ISP. kemudian menghubungkan berbagai DNS milik NAP dan ISP untuk terhubung ke DNS awari. jadi disisi end user gak perlu melakukan perubahan, kan tinggal membelokkan semua paket2 yang menuju port 53 aja to?

    kesulitannya, awari gak bisa ngepush ISP atau NAP kalo gak ada dukungan dari pemerintah. Begitu kali ya sam?

  2. pataka Mozilla Firefox 3.0.3 Mac OS X 10
    Says on Mozilla Firefox 3.0.3 Mac OS X 10

    Memang betul. Sori ada kesalahan posting tulisan versi lama. Baru saja aku sisipkan satu paragraf baru (dasar blogger tragis):

    “Penyelenggara akses Internet massal juga dapat memanfaatkan layanan DNS Filtering ini sebagai nilai tambah untuk pengguna. ISP juga dapat memisahkan layanan untuk pengguna rumahan seperti keluarga dan sekolah diberi pilihan akses yang terproteksi. Sedangkan pengguna khusus tertentu seperti kantor perusahaan asing, pengguna ekspatriat dan hotel dapat diberikan akses yang lebih bebas. Layanan DNS Filtering Nawala Project juga dapat dikombinasikan dengan solusi proteksi lain seperti aplikasi di dalam program Internet Sehat.”

    Project inisiatif komunitas memang tidak punya otoritas. Maka sifatnya partisipatif, ISP atau NAP diharapkan mau memanfaatkannya tanpa perlu diwajibkan. Idealnya ISP dan NAP proaktif menawarkan layanan ini pada pelanggannya. Bisa dibundel dengan solusi Internet sehat lainnya seperti aplikasi firewall, anti malware, anti spam, child protection dsb. sekaligus menyediakan supportnya. Dalam hal support ini Nawala Project masih sangat lemah.

    Kalau mau, ISP dan NAP sekarang juga bisa melakukannya. Misalnya, semua network pelanggan rumahan dan sekolah by default diredirect ke Nawala Project. Secara teknis sangat sederhana dan hanya satu kali konfigurasi, menambahkan satu baris rules saja pada router. Penambahan dan pengurangan network yang diredirect, selanjutnya cukup dilakukan dari tabel group IP. Beberapa admin ISP dan NAP besar sebenarnya oke, tinggal masalah policy manajemen.

    Ada satu syarat lagi kalau semua ISP dan NAP menggunakan, maka kapasitas Nawala Project harus kita tingkatkan menjadi DNS resolver nasional. Untuk itu perlu ijin dan kerjasama APJII selaku pengelola F Root dan I Root DNS agar Nawala Project dapat melakukan “peering direct recursive request” serta dengan PANDI untuk “sharing” database domain .id. Sehingga query DNS ini tidak perlu “lari ke luar” lagi trafficnya. Sekaligus mempercepat proses query.

  3. Indra Wahyudi Mozilla Firefox 3.0.4 Mac OS X 10
    Says on Mozilla Firefox 3.0.4 Mac OS X 10

    ya ampun … di comment aja sampek panjang gitu …

  4. pataka Mozilla Firefox 3.0.3 Mac OS X 10
    Says on Mozilla Firefox 3.0.3 Mac OS X 10

    karena lupa belum ditulis (kan blogger tragis?!)

  5. tino Mozilla Firefox 3.0.4 Windows XP
    Says on Mozilla Firefox 3.0.4 Windows XP

    Ok , sekrang banyak konten porno yg tidak menggunakan domain yg berbau porno.

  6. Lukman Google Chrome 0.4.154.29 Windows XP
    Says on Google Chrome 0.4.154.29 Windows XP

    Memperkenalkan sebuah proyek komunitas nirlaba yang diberi nama Nawala Project. Tujuan Nawala Project ini adalah membangun sistem DNS Filtering seperti Open DNS (http://www.opendns.org) dengan cita rasa khas Indonesia.

    akhirnya diposting di blognya sendiri, mbok yach dari pertama, pasti kelupaan mainan fesbuk terus sih :d

  7. danny Mozilla Firefox 3.1b2 Windows XP
    Says on Mozilla Firefox 3.1b2 Windows XP

    :( udah dipasang DNS nya tapi kok playboy[dot]com tetep tembus yah? ada yang salah? FYI.. Komputer saya berada dibawah router!

  8. Jarvies Mozilla Firefox 3.0.5 Windows XP
    Says on Mozilla Firefox 3.0.5 Windows XP

    :)>- baguslah… walaupun dibloknya/larinya ke opendns.. bisa ngak begitu di blok tampilannya buat sendiri, jangan yang open DNS :-)

  9. Tommie Internet Explorer 7.0 Windows XP
    Says on Internet Explorer 7.0 Windows XP

    Selamat atas terbentuknya proyek Nawal Project.
    Permasalahannya user2 sekarang semakin pintar, seandainya search melalui Google mereka akan memilih pilihan Cached sehingga request tersebut tidak akan melewati DNS server, dimana request tersebut menumpang di atas google dan dianggap oleh DNS server sebagai request untuk Google.
    Oleh karena itu saat ini saya memakai OpenDNS dan Expression list di server Linux untuk mencegah hal tersebut.
    Jadi ada baiknya nanti website Nawal Project memasukan option Expression List.

  10. pataka Mozilla Firefox 3.0.3 Mac OS X 10
    Says on Mozilla Firefox 3.0.3 Mac OS X 10

    Kita perhatikan usulan ini. Terima kasih.

  11. pataka Mozilla Firefox 3.0.3 Mac OS X 10
    Says on Mozilla Firefox 3.0.3 Mac OS X 10

    Mudah-mudahan Tim Developer bisa segera mewujudkan hal ini. Sementara kita konsentrasi di fungsi utama dulu. Terima kasih.

  12. pataka Mozilla Firefox 3.0.3 Mac OS X 10
    Says on Mozilla Firefox 3.0.3 Mac OS X 10

    Kemungkinan karena pada router semua request DNS resolve “dipaksa” atau di-redirect ke alamat DNS resolver yang sudah pre-configured (ditentukan oleh admin). Sebaiknya kontak admin router tersebut dan mintalah agar mengganti alamat DNS resolver-nya (biasanya diarahkan ke DNS resolver ISP) menjadi alamat DNS Nawala Project. Asalkan pada sisi ISP request DNS resolve tidak “dibajak” juga hehehe … kalau memang juga demikian, maka harus bicara juga dengan admin ISP.

  13. Xshadow » Blog Archive » Nawala Project (DNS Filtering Indonesia) WordPress abc
    Says on WordPress abc

    [...] ini tulisan aku copas dari web sodara se organisasi om tekheq [...]

  14. B1m0 Mozilla Firefox 3.0.4 Windows XP
    Says on Mozilla Firefox 3.0.4 Windows XP

    Hmm …
    Nawala project website nya blum ada ya? :d

    :-? … apa memang DNS resolver server Nawala mem-forward request ke DNS resolver nya OPENDNS.COM ya? :-?

    Sebab bila saya memakai setting DNS Nawala, dan saya membuka websitenya http://www.opendns.com … pasti di pojok kanan atas muncul keterangan … “You’re using OpenDNS … ”

    :)>- Keep up good works :)>-

  15. pataka Mozilla Firefox 3.0.3 Mac OS X 10
    Says on Mozilla Firefox 3.0.3 Mac OS X 10

    Aplikasi Nawala Project masih dalam tahap development, sehingga saat ini memang forward ke OpenDNS. Tetapi proses resolving lebih cepat karena server di Indonesia dan cache bisa diset lebih besar untuk meningkatkan efisiensi. Kami berharap pertengahan tahun ini aplikasi Nawala sudah bisa diuji coba. Thx.

  16. pataka Mozilla Firefox 3.0.3 Mac OS X 10
    Says on Mozilla Firefox 3.0.3 Mac OS X 10

    oke, silahkan …

  17. rinovan Mozilla Firefox 3.0.4 Linux
    Says on Mozilla Firefox 3.0.4 Linux

    oo jadi forward ke opendns. trus gk bisa milih2 opsi kategori situs misal situs socialnetwork(friendster,facebook,dll). opsi apa aja. :d

  18. bleketux Mozilla Firefox 3.0.6 Ubuntu Linux
    Says on Mozilla Firefox 3.0.6 Ubuntu Linux

    Setuju ama Jarvies #8, tapi kalo bisa forwardnya jangan page sendiri, tapi page google ajah misalnya… jadi nggak kerasa kalo diblock via DNS.

  19. pataka Mozilla Firefox 3.0.3 Mac OS X 10
    Says on Mozilla Firefox 3.0.3 Mac OS X 10

    Masih sedang dikembangkan terus. Mudah-mudahan 2 – 3 bulan lagi sudah bisa masuk tahap Beta. Sekarang masih Alpha.

  20. ãñÐrî Mozilla Firefox 3.0.7 Windows XP
    Says on Mozilla Firefox 3.0.7 Windows XP

    Setelah membaca dari atas sampai bawah, mendownload panduan dan membacanya… saya sangat setuju sekali dengan project ini, dan akan saya coba gunakan di modem adsl + server di kantor.

    Sebelumnya mau tanya dulu, apakah untuk IP yang dynamic (seperti yang diberikan speedy kepada pelanggannya yang non unlimited) ada web optionnya seperti pada OpenDNS.

    terima kasih…
    Maju Terus IT di Indonesia

  21. Mari Berburu Situs Porno | shandyisme WordPress 2.7.1
    Says on WordPress 2.7.1

    [...] Info lebih lengkap mengenai Nawala Project bisa dilihat disini : http://www.pataka.net/2008/12/07/nawala-project-DNS-filtering-indonesia/ [...]

  22. pataka Mozilla Firefox 3.0.6 SuSE Linux
    Says on Mozilla Firefox 3.0.6 SuSE Linux

    Saat ini memang masih redirect ke OpenDNS dan belum menggunakan sistem kita sendiri (sedang dalam tahap pembangunan tahap Alpha – diperkirakan Mei masuk tahap Beta). Sehingga aplikasi seperti web option OpenDNS juga belum tersedia. Namun prinsipnya, untuk sementara DNS filtering ini sudah bisa digunakan serta dirasakan manfaatnya dam bisa memenuhi kebutuhan masyarakat saat ini. Sambil kita sempurnakan sehingga lebih baik lagi. Terima kasih atas dukungannya.

  23. h31 K-Meleon 1.5.1 Windows XP
    Says on K-Meleon 1.5.1 Windows XP

    wahh…mantaff..
    mas ini public DNS macem open DNS gk?
    maksudnya bebas digunakan tanpa fee?

  24. pnyet Mozilla Firefox 3.0.3 Ubuntu Linux
    Says on Mozilla Firefox 3.0.3 Ubuntu Linux

    Mantablah Pak, Lekas jadi deh, biar lebih mudah untuk melakukan filter terhadapa konten dewasa. sbg buruh kantor, open DNS ala ID ini akan sangat membantu.

    Maju terus IT ID

    Apa kabar Pak?
    Jarang chat sekarang :D

  25. pataka Mozilla Firefox 3.0.3 Mac OS X 10
    Says on Mozilla Firefox 3.0.3 Mac OS X 10

    Iyah jarang bisa ceting. Sibuk terusss …

  26. pataka Mozilla Firefox 3.0.3 Mac OS X 10
    Says on Mozilla Firefox 3.0.3 Mac OS X 10

    Gratis tis tis … silahkan dipakai dan disebarluaskan kepada semua yang anda kenal …

  27. firdaus Mozilla Firefox 3.0.8 Windows XP
    Says on Mozilla Firefox 3.0.8 Windows XP

    untuk blok content lokal seperti :
    http://www.foto-artis.co.cc/2008/05/indonesia-bugil-abg.html

    masih lolos b

  28. firdaus Mozilla Firefox 3.0.8 Windows XP
    Says on Mozilla Firefox 3.0.8 Windows XP

    perlu ditingkat kan bro .. mendukung seratus lima puluh persen …

    cuma content yang dari blog dan wordpress masih banyak yang lolos seperti contoh diatas ..

  29. Aloysius Mozilla Firefox 3.0.7 Mac OS X 10
    Says on Mozilla Firefox 3.0.7 Mac OS X 10

    [troll]
    Siip. Orang Indonesia memang tak boleh dipercaya untuk mencari ilmu sendiri, harus selalu dibimbing seperti anak TK.

    Dibilangi saja bahwa ini untuk menyensor barang2 jelek seperti pornografi, pasti semua manggut-manggut saja. Orang2 Indonesia takkan berpikir panjang apa akibat dari pensensoran ini.

    Enak, rasanya, saat orang-orang justru dengan kemauan sendiri, akhlak sendiri, berbondong-bondong menarik Indonesia kembali ke jaman Orde Baru
    [troll/]

  30. ditto Mozilla Firefox 3.0.10 Windows XP
    Says on Mozilla Firefox 3.0.10 Windows XP

    http://www.bb17.info masih tembus mas…

  31. tina Internet Explorer 7.0 Windows XP
    Says on Internet Explorer 7.0 Windows XP

    saya mau nanya neh..
    dikantor saya facebooknya diblog pake project nawala
    gmn caranya agar saya bisa buka facebook lagi?
    saya tgu jawaban na
    thx b4

  32. pataka Mozilla Firefox 3.0.3 Mac OS X 10
    Says on Mozilla Firefox 3.0.3 Mac OS X 10

    Nawala tidak mem-blok Facebook. Anda tanya admin kantornya saja. Kayaknya itu memang kebijakan perusahaan supaya tidak main pada saat jam kerja.

  33. waluyo Mozilla Firefox 3.0.11 Windows XP
    Says on Mozilla Firefox 3.0.11 Windows XP

    rapidshare dan ifile.it kok ikutan dibok mass?? padahal kita sbg mahasiswa nyari2 buku dari situ

  34. zora Mozilla Firefox 3.5 Windows XP
    Says on Mozilla Firefox 3.5 Windows XP

    pataka nanya nich…
    kalo mau ngasi temuan situs baru yang bisa nembus nawala lewad mana ya ???
    tq

  35. KOMUNITAS PELAJAR ILMU KOMPUTER INDONESIA Mozilla Firefox 2.0.0.1 Windows XP
    Says on Mozilla Firefox 2.0.0.1 Windows XP

    Teori bekerja DNS

    Pengelola dari sistem DNS terdiri dari tiga komponen:
    1. DNS resolver, sebuah program klien yang berjalan di komputer pengguna, yang membuat permintaan DNS dari program aplikasi.
    2. recursive DNS server, yang melakukan pencarian melalui DNS sebagai tanggapan permintaan dari resolver, dan mengembalikan jawaban kepada para resolver tersebut;
    3. authoritative DNS server yang memberikan jawaban terhadap permintaan dari recursor, baik dalam bentuk sebuah jawaban, maupun dalam bentuk delegasi (misalkan: mereferensikan ke authoritative DNS server lainnya)
    thanks before…

    Semoga bermanfaat.

    Salam dari kami :
    KOMUNITAS PELAJAR ILMU KOMPUTER INDONESIA

  36. pataka Mozilla Firefox 3.0.12 SuSE Linux
    Says on Mozilla Firefox 3.0.12 SuSE Linux

    Untuk masalah itu hubungi saja Komunitas Nawala, ada milisnya dilihat saja di http://www.nawala.org

  37. pataka Mozilla Firefox 3.0.12 SuSE Linux
    Says on Mozilla Firefox 3.0.12 SuSE Linux

    Gabung di http://www.nawala.org

  38. squiddy Google Chrome 2.0.172.43 Windows XP
    Says on Google Chrome 2.0.172.43 Windows XP

    sebelumnya saya pake openDNS pak.

    setelah coba nawala ini ngerasa cocok, akses web lebih cepat pula.. tapi kadang2 kok suka down ya..

  39. ati Mozilla Firefox 2.0.0.20 Windows XP
    Says on Mozilla Firefox 2.0.0.20 Windows XP

    klo mo ngecek sejauhmana pemenfaatan /penggunaan DSN di daerahku gimana ya? karena awarinya belum jelas

    siapa ketuanya

  40. Adit Mozilla Firefox 3.5.3 Windows XP
    Says on Mozilla Firefox 3.5.3 Windows XP

    Pa taka maaf nih mau nanya :

    untuk situs yang negatif memang terblock menggunakan DNS nawala…
    tp kalo melalui google video masi bisa tembus ya, soalnya sepupu saya sempet buka video kartun negatif (hentai) melalui google video, apa karena searchingnya melalui google jadi link ke video tersebut masi bisa di tembus ..?
    apa ada cara penanggulangan ??
    tolong bantuannya

  41. shr Mozilla Firefox 3.0.15 Windows XP
    Says on Mozilla Firefox 3.0.15 Windows XP

    google translate juga kena block? pa ada konten negatifnya?

  42. wawanep Mozilla Firefox 3.6.2 Windows XP
    Says on Mozilla Firefox 3.6.2 Windows XP

    udah pake nawala…..

    hasilnya :x

    bye bye xxx

    setidaknya mungkin 80% web xxx ter blokir lah…. :-?

  43. M. Nasihkhin Mozilla Firefox 3.6.3 Windows XP
    Says on Mozilla Firefox 3.6.3 Windows XP

    Baguss…. prog Nawala project cukup membantu agar warga Indonesia terbebas dari Porno/PERJUdian kekerasan

  44. youdie Mozilla Firefox 3.6.3 Windows Vista
    Says on Mozilla Firefox 3.6.3 Windows Vista

    baru tau ada DNS macam ini dari acara AKI di tv swasta… bagus banget untuk melindungi anak negeri dari pornografi macam video mesum artis..
    tapi kenapa hanya untuk pengguna telkom aja ya ??

  45. sona Mozilla Firefox 3.0.19 Windows XP
    Says on Mozilla Firefox 3.0.19 Windows XP

    aaahh knp mesti di block ssiii ..
    huf

  46. pataka Safari 533.18.5 Mac OS X 10.6.4
    Says on Safari 533.18.5 Mac OS X 10.6.4

    bisa dipakai oleh pengguna di semua network bukan hanya telkom. nawala juga digunakan oleh pengguna dari luar negeri terutama di afrika, timur tengah dan sejumlah negara dari asia selatan.

  47. rahmat hidayat Mozilla Firefox 3.6.12 Windows XP
    Says on Mozilla Firefox 3.6.12 Windows XP

    kalau video dari youtube kena blokir gak pake DNS ini terima kasih atas infonya

  48. http://tinyurl.com/primmaxam52796 Android Browser Android 2.2
    Says on Android Browser Android 2.2

    I actually needed to show this particular article, “Pataka WebLOG
    Blog Archive Nawala Project (DNS Filtering Indonesia)”
    with my own friends on facebook or twitter. Ibasically needed to spread
    your very good publishing! Thanks a lot, Trent

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

:) :( :d :"> :(( \:d/ :x 8-| /:) :o :-? :-" :-w ;) [-( :)>- more »