Pataka WebLOG

Pataka Official Site

Komentar Berita Suara Merdeka Tentang Relawan Kesiangan

Posted by pataka on January 14th, 2005

Menanggapi berita tentang Relawan Kesiangan di:

http://www.suaramerdeka.com/harian/0501/08/ked07.htm

Saya anggota Tim AirPutih di Aceh. Ada beberapa hal perlu diluruskan:

1. Pada paragraf terakhir, ada kesalahan institusional. Relawan TI di Aceh yang dimaksud Mas Roy, bukanlah dari APJII. Nama tim ini adalah AirPutih, websitenya http://www.acehmediacenter.or.id. Tim relawan ini terdiri dari berbagai unsur komunitas teknologi informasi di indonesia. Saya tidak bisa menyebut satu persatu, saking banyaknya pendukung secara institusional maupun personal. Yang jelas nama APJII dipakai, sekedar memberikan identitas formal untuk memudahkan akses tim, karena asosiasi ini sudah dikenal terlebih dahulu di berbagai kalangan. Namun dalam tim lapangan sendiri, hanya Valens Riyadi (selaku koordinator) yang berasal dari APJII, lainnya dari berbagai unsur (ada 10 orang). Jangan diinterprestasikan lain! Tak ada adu gengsi dan eksistensi di dalam tim ini.

2. Di lapangan, kita bertemu dengan Basuki (IT KPU), dalam beberapa hal malah bekerjasama, dimana IT KPU menyediakan data kependudukan sedangkan kami membangun infrastruktur di setidaknya 10 lokasi di Banda Aceh hingga hari ini. Misi kami dengan IT KPU jelas beda dan tidak ada persinggungan (dalam arti friksi) di lapangan. Posisinya justru Tim kita memfasilitasi infrastruktur yg dibutuhkan IT KPU dan partner lokalnya (Pemerintah Daerah Propinsi NAD). Hal yang sama kami lakukan dengan institusi lain, termasuk Menko Kesra (Tim Bakornas), LSM, PMI, Polri, Telkom dan komunitas (ISP, pendidikan/universitas & masyarakat TI NAD).

3. Mohon polemik gengsi, penonjolan eksistensi dan egosentrisme di Jakarta atau di ruang2 komunitas seperti milis ini maupun media, yang mengakibatkan polemik DIHENTIKAN. Karena apa yang anda semua lakukan itu tidak bermanfaat dan justru mengganggu tugas dan amanat yang sedang kami emban di lapangan dan itu menyulitkan kami!

4. Kalau anda berminat membantu, wujudkan secara konkrit dan salurkan segera. Apapun yang akan anda berikan, akan bermanfaat untuk recovery Aceh yg sedang menangis. Wish list kami ada di website, kontribusi lain akan diterima dengan senang hati oleh tim kami di sekretariat. Lakukan tanpa banyak bicara, sekarang juga dan diamlah dalam damai serta ketulusan, semoga Tuhan merahmati anda.

Jangan kotori nama dan kredibilitas anda untuk sensasi sesaat yang sesat.

Salam tjinta dari Atjeh.

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>