Pataka WebLOG

Pataka Official Site

Update Kondisi Aceh

Posted by pataka on January 13th, 2005

Banda aceh sebenarnya sudah boleh dibilang pulih. Beberapa pasar sudah buka, sekarang orang2 sedang mengupayakan supaya Pebruari siswa bisa bersekolah dan kampus dibuka. Kalau pendidikan bisa jalan, maka, biasanya roda kehidupan akan berjalan kembali. Karena aktivitas pendidikan akan butuh support logistik, transportasi, dsb.

Kehilangan sektor pendidikan bukan hanya dalam hal infrastruktur danfasilitas, tapi terutama adalah sdm. Guru, pegawai diknas serta siswa itu sendiri. Kalau pendidikan tidak bisa berjalan baik, masyarakat yang selama ini mengungsi akan enggan kembali ke bumi Aceh.

Fasilitas umum meskipun terbatas, sudah bisa dijalankan selektif. Saat ini Telkom Flexi dan Satelindo GSM jadi andalan. Tim AirPutih sendiri sudah merehabilitasi 2 ISP lokal dan 8 titik akses publik, termasuk Pendopo (Bakornas PBP, Satkorlak dan Media Center), WARNET, Posko PMI NAD, Bandara (Komando Operasi Kemanusiaan TNI) dan Universitas Syiah Kuala.

Evakuasi mayat terus dilakukan, pencapaian masih sekitar 50 %. Sedang daerah pantai barat, bantuan dikonsentrasikan di kota Lamno & Meulaboh sedangkan Kota Calang dan sekitarnya dievakuasi migrasi total. Kontak senjata masih juga terjadi, dalam 2 minggu ini sudah 34 kali. Sehingga keamanan masih tetap menjadi concern, karena beberapa relawan diculik GAM dan ada yang berhasil lolos.

Berbagai macam bantuan dan operasi kemanusiaan asing terus mengalir & sekarang memiliki konsentrasi yg fokus pd tujuan2 spesifik. Yang jelas, perlu segera diwujudkan data center utk menganalisa & tabulasi semua data sehingga Bakornas mampu menentukan skala prioritas.

Selama ini kelompok2 relawan, NGO dsb. bekerja tanpa komando maupun struktur. Semua bekerja atas inisiatif & penajaman prioritas sesuai dengan interest masing2. Masalah yang mulai muncul adalah sampah dalam kota, karena pemerintahan masih lumpuh dan pengelolaan pengungsi yang terus berpindah2.

Demikian, laporan singkat kondisi aceh.

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>