Pataka WebLOG

Pataka Official Site

Berangkat ke Aceh?

Posted by pataka on December 28th, 2004

Malam ini aku terima telepon panjang dari Valens (temen lama, Sekjen APJII Jogjakarta). Pada intinya, diskusi kemungkinan pengiriman Tim Relawan TI ke Aceh. Sasarannya adalah membangun infrastruktur dan memfasilitasi koneksi Internet kepada siapa saja yang mungkin membutuhkan. Memang, tak ada kejelasan sama sekali bagaimana kondisi di sana saat ini, pasca bencana gempa bumi dan tsunami. Hanya feeling saja, perasaan bahwa kita perlu berbuat sesuatu, entah apa dan yakin akhirnya nanti itu akan berguna untuk menolong rakyat Aceh yang tertimpa musibah.

Kemaren, teman2 di mailing list Technomedia (milis wartawan TI Indonesia) sudah berinisiatif untuk membuka dompet peduli. Hari ini sudah banyak yang mulai menyetorkan bantuan. Menurut Wandi dan Ajeng (koordinator), lumayan banyak hasilnya untuk ukuran teman2 yang berprofesi Wartawan. Tapi, nampaknya, menurut beberapa rekan itu tidaklah cukup. Harus ada aksi konkrit dari komunitas TI nasional di lapangan. Apa bentuknya, kayaknya kami harus berpikir keras. Besok hari Rabu (29/12/2004), teman2 sepakat untuk berkumpul di Sekretariat APJII membicarakan hal ini.

Valens mengatakan bahwa APJII sudah menyiapkan pendanaan sementara dan juga sejumlah resource untuk mencoba membuka isolasi telekomunikasi dan Internet di Aceh saat ini. Mengingat seluruh link dan media telekomunikasi mati atau terganggu. Artinya, situasinya parah. Yang dibutuhkan saat ini, jelas SDM yang punya kualifikasi SAR atau minimal memahami pekerjaan lapangan di daerah bencana. Apalagi, ini adalah pengalaman yang sama sekali baru bagi komunitas TI nasional.

Mas Heru Nugroho, Sekjen APJII Pusat, sudah mengkonfirmasi kesediaan APJII mensupport pengiriman Tim TI ke Aceh. Namun, agaknya masih perlu konsultasi dan approval dari beberapa orang anggota Dewan Ketua APJII. Aku yakin, pada akhirnya mereka akan setuju. Artinya, ya aku dan entah siapa lagi harus bersiap berangkat ke Aceh. Aku yakin, asosiasi lainnya pasti akan dukung. Saat ini mereka mungkin saja belum tahu apa yang harus dilakukan, sehingga saling tunggu.

Pagi ini, agaknya aku harus menyiapkan sejumlah perlengkapan yang sekiranya dibutuhkan untuk kegiatan ini. GPS, handphone CDMA, GSM, kompas, klinometer dan sejumlah peralatan lain termasuk radio komunikasi (HT) dan perlengkapan pribadi. Sayang sekali, sejumlah koleksi perlengkapan pribadi outdoor milikku (senter, sleeping bag, harness, carabiner, tali, webbing, raincoat dsb.) sudah tercerai berai entah ke mana. Kok selalu, saat dibutuhkan tidak tersedia.

Mungkin juga aku perlu menyiapkan teman2 di kantor untuk bergabung menjadi anggota Ti. Tapi, kayaknya nggak sekarang karena belum jelas semua. Yang penting, aku ready, pagi nanti harus cepat beli tiket untuk Rabu. Mudah2an, waktu satu hari sudah cukup buat mengakomodasikan semuanya.

Berangkat ke Aceh? Kayaknya memang iya … (jadi).

One Response to “Berangkat ke Aceh?”

  1. Nav Online Mozilla Firefox 2.0.0.6 Windows Server 2003
    Says on Mozilla Firefox 2.0.0.6 Windows Server 2003

    jadi pengen deh berangkat ke aceh juga 😕

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>